-- blog Surya Fatma : L'Oréal

Kamis, 27 Juni 2013

L'Oréal



Manajemen Strategi Chapter 10 

L'Oréal



SEJARAH BERDIRINYA L’OREAL
Setelah dua tahun mengadakan eksperimen lebih jauh, dia meninggalkan pekerjaan hariannya sebagai ahli kimia dan mendirikan French Harmless Hair Color Co. Dengan 800 frank Perancis, atau sekitar 120 dolar AS. Pada tahun 1911, dia mngubah nama perusahaannya menjadi L’Oréal. Tahun berikutnya produknya mulai dijual seantero Eropa dan melalui agen dan konsinyasi, L’Oréal mulai mencatat dan melebarkan sayap penjualannya ke AS, Amerila Latin, Rusia, dan Asia. Pada tahun 1920, permintaan begitu besar sampai Schnueller memperkerjakan 3 ahli kimia.

OWEN-JONES, SUKSES DIBALIK L’OREAL ABAD 21
Perusaaah ini hanya punya lima pemimpin sejak didirkian pada tahun 1991 dan memiliki reputasi sangat menghindari utang, penasihat dari luar, bahkan pengacara. Kotak uang L’Oréal telah berlipat ganda sejak ditunjuknya pria asal Inggris, Lindsay Owen-Jones, pada tahun 1988 sebagai chief executive dan chairam grup usaha ini. Dia memimpin perusahaan yang mencapai pertumbuhan dua digit selama 18 tahun. Pada April 2006, dia menunjuk Jean-Paul Agon sebagai chief executive.
Owen-Jones menumbuhkan apa yang disebutnya sebagai budaya “induk anak” di L’Oreal. Yang dimaksud adalah perusahaan harus berinvestasi pada usaha-usaha yang belum menguntungkan, mengambil resiko dan berinvestasi pada riset. Dengan sistem bisnis ini, L’Oréal memiliki anak perusahaan yang masih belum menguntungkan, bahkan 14 dari 20 merek dibawah lisensi atau investasi L’Oréal  merupakan produk yang menyumbang 92% dari keseluruhan penjualan.
Owen dan Jones mendorong pengembangan L’Oréal di AS dan Asia, serta ke dalam sektor kecantikan etnis yang menghasilkan laba besar. Portofolio L’Oréal kini meliputi Lancome, Maybelline, Redken, Helena Rubinstein, Ralph Lauren, The Body Shop, dan Giorgio Armany Perfumes.


L’OREAL KINI
Saat ini, di abad 21, perusahaan bernilai 55 Milyar dolar AS ini memiliki para Ilmuwan yang mencatat 500 paten baru setiap tahun. L’Oréal memiliki penualan tahunan sebesar 21,2 milyar dolar AS pada 2006 dan produknya kini dijual di 130 negara.
Keluarga pewaris memiliki saham mayoritas dalam bisnis ini, dibuntuti dengan Nestle dengan 26,4 persen/ Selama 30 tahun lebih,  kedua pemegang saham ini memiliki sebuah holding company yang mengandalikan L’Oréal, namun baru-baru ini perusahaan itu dibubarkan.

Ilmuwan perusahaan yang berjumlah 2.88 orang sibuk untuk mencoba mengembangkan produk yang beragam seperti pil anti peneuan, shampo, dan lain-lain. L’Oréal telah mengahabiskan 30% dari keuntungan untuk pemasaran dan iklan.

Cara L'Oreal untuk mempekerjakan orang-orang yang baik dan membangun kompetensi inti dan kemampuan kompetitif

  1. Program Magang  : Lebih dari 2.700 pemagang menyelesaikan programnya di L'Oréal di tahun 2007. Geoff Skingsley, Human Resources Executive Vice-President L'Oréal, mengatakan: "Kami menghasilkan sendiri para pemimpin kami dan mempersiapkan mereka untuk itu. Jika Anda tertarik, datang dan bergabunglah bersana kami!". Program magang kami, di Prancis dan di seluruh dunia, terbuka bagi mahasiswa universitas, sekolah bisnis maupun teknik. Periode program beragam, mulai dari 3 bulan sampai satu tahun sepanjang tahunnya di berbagai divisi Perusahaan (Research, Operations, Finance, Information Systems, Marketing, Sales, Communications, Human Resources)
  2. Ekspresikan kepribadian AndaKami tidak sekedar mencari keahlian teknis dan kualifikasi, tapi kami juga mencari talenta-talenta muda berbakat yang dapat mengekspresikan kelebihan pribadi mereka yang beragam untuk berkontribusi dalam project dan misi yang menantang dan dinamis. Keragaman budaya yang kaya dalam Grup kami menjadi rahasia keberhasilan kami. Kami mencari para pelajar dari beragam profil, kebangsaan dan pengalaman. Yang lebih pentingnya lagi, kami mencari antusiasme, kreativitas, ambisi dan kemampuan Anda untuk membuat kesuksesan. Bakat Anda... bagi dunia kecantikan.
  3. Pengalaman untuk belajarMelakukan magang di L'Oréal adalah langkah pertama untuk mengerti tentang profesi, kesempatan untuk bekerja menjadi bagian dari sebuah tim, dan mengerti budaya perusahaan kami. Ini juga menjadi kesempatan untuk menunjukkan kemampuan Anda - kami mencari bakat yang berpontensi untuk bergabung bersama kami di kemudian hari. Tahun lalu, lebih dari 55% dari manajer muda (yang tidak memiliki pengalaman sebelumnya) yang direkrut di Perancis, merupakan mereka yang sebelumnya telah mengikuti program magang di L'Oreal. Secara global, 28% lulusan yang kami rekrut merupakan lulusan program magang.

Apapun hasil dari program magang yang Anda ikuti, Anda akan mendapatkan pengalaman berharga yang mempersiapkan Anda memasuki dunia karir profesional. Untuk membantu Anda berintegrasi dengan L'Oreal, kami menawarkan:

1.  Pemantauan pengembangan pribadi di awal, pertengahan, dan akhir masa magang.
2.    Sesi pertemuan kelompok

3.   Intranet khusus "pemagang" di mana Anda dapat membuat jaringan sendiri dan berbagi pengalaman dengan pemagang lainnya.

Pengembangan Diri 
  1. Ingin bergabung dengan perusahaan pemimpin industri kecantikan dunia dengan merek-merek global terdepan? Di L’Oréal Indonesia, merek-merek kami tergabung dalam tiga divisi pemasaran: 
  • Professional Products Division:
  • Salon business – B to B to C- commercial, marketing and educational triangle
  • Intelligence for people and busines
  • Consumer Products Division :
  • Mass market – volume – hard negotiation
  •   Force, impact and rapidity
  • Luxury Products Division :
  • Department stores & specialized retailers – 360° marketing
  • Rigorous delivery, embodiment of the brand
2   Ingin memiliki karir ambisius yang dibangun atas beragam latar belakang pekerjaan, pasar dan negara?Memegang posisi penting di usia muda - Mobilitas kerja - Pekerjaan yang menantang - Misi global dan lokal - Proses pengembangan terstruktur – Program pelatihan khusus dan program integras
  • Peluang karir yang luas di berbagai bidang:
  •  Research & Development
  • Operations
  • Marketing
  • Business Development & Sales
  • Finance
  • Human Resources
  • Communications
  1. Ingin bekerja dengan budaya yang enerjik, dinamis dan menyenangkan? Orang-orang kami merupakan paduan kepribadian unik dan berbakat yang mudah beradaptasi dan memiliki semangat kerja tim yang tinggi. Lingkungan kerja kami memiliki suasana yang informal, spontanius dan tidak memandang hirarki.
-          Cara kerja kami senantiasa memaksimalkan kemampuan dan kreativitas individual.

1. Orang-orang kami merupakan paduan kepribadian unik dan berbakat yang mudah beradaptasi dan memiliki semangat kerja tim yang tinggi.
2.   Lingkungan kerja kami memiliki suasana yang informal, spontanius dan tidak memandang hirarki.

3.      Cara kerja kami senantiasa memaksimalkan kemampuan dan kreativitas individual.

L’Oréal Foundation

Untuk Dunia Yang Lebih Indah
Didirikan pada tahun 2007, L’Oréal Foundation merupakan salah satu Yayasan terbesar di Perancis, dengan anggaran sebesar 40 juta Euro dalam lima tahun. Yayasan ini mengembangkan program-program global utama yang dilakukan oleh seluruh anak perusahaan L'Oreal, bersama dengan proyek percontohan di Perancis. L’Oréal Foundation berupaya membangun kemitraan sejati melebihi dukungan finansial semata serta mengevaluasi seluruh programnya secara berkala. Yayasan ini bertujuan untuk memberikan kekuatan, konsistensi, dan kesinambungan atas tindakan kemanusiaan perusahaan, dan untuk secara aktif melibatkan karyawan dalam setiap programnya.
L’Oréal Foundation memiliki tiga misi yang masing-masing mencerminkan nilai-nilai perusahaan yang terfokus pada prinsip riset ilmiah, solidaritas dan menghormati sesama, serta berbagi pengetahuan.

SAINS
Sejak didirikan oleh seorang ilmuwan penelitian seabad lebih yang lalu, Grup L'Oréal yakin akan pentingnya penelitian sebagai sumber inovasi yang menjadi kunci pendobrak ilmu pengetahuan. L'Oréal Foundation senantiasa mempromosikan penelitian ilmiah dan kedudukan perempuan dalam dunia sains, dengan mengakui keunggulan, mendorong bakat-bakat sains dan berinvestasi di area-area penelitian baru.
Melalui program "For Women in Science", L'Oreal dan UNESCO telah secara aktif mendukung para ilmuwan perempuan dalam dua belas tahun terakhir. Setiap tahunnya, program ini menyoroti peneliti-peneliti perempuan terkemuka dunia dan peneliti-peneliti perempuan muda berbakat, serta mendorong anak-anak perempuan untuk memilih berkarir di bidang sains. Dalam periode dua belas tahun, lebih dari 900 perempuan telah menerima anugerah ini. Kini mereka telah membentuk network yang sangat dinamis di seluruh penjuru dunia.

Solidaritas
Pentingnya penampilan seseorang merupakan akar dari kegiatan L'Oréal. Memberikan akses terhadap kecantikan merupakan misi L'Oréal. Komitmen ini tercermin dalam program-program L'Oréal Foundation untuk mendukung masyarakat kurang beruntung, membantu mereka membangun kembali kepercayaan dirnya, dan membuat mereka merasa lebih nyaman dengan penampilannya sehingga dapat kembali kepada kehidupan yang normal.
Program "Beauty from the Heart" digagas L'Oréal Foundation dengan menyumbangkan produk-produk perawatan dan kecantikan kepada berbagai organisasi mitra. Program ini bertujuan untuk membantu mereka yang berkekurangan, baik yang disebabkan oleh penyakit maupun kesulitan ekonomi. Program ini juga mendukung studi-studi untuk mengevaluasi efektivitas dari program ini.
L’Oréal juga merupakan salah satu anggota penggagas program "Look Good…Feel Better" yang dijalankan melalui CTFA (Cosmetic, Toiletry and Fragrance Association). Program ini difokuskan terhadap para perempuan yang mengalami trauma dan stres akibat penyakit kanker, membantu mereka untuk memperbaiki penampilannya pasca efek samping yang terjadi setelah menjalankan terapi.

Pendidikan
Berbagi pengetahuan dan pelatihan serta menghormati adanya perbedaan, merupakan bagian penting dari L'Oréal. Mendidik masyarakat dan meningkatkan kesadaran mereka akan tantangan utama yang dihadapi masyarakat di abad ini, seperti memerangi AIDS, pelestarian lingkungan dan berbagi pengetahuan dengan masyarakat kurang beruntung, merupakan komitmen ke-tiga dari L'Oréal Foundation.
Program "Hairdressers Againts AIDS" merupakan salah satu bukti komitmen L'Oréal Foundation akan dukungan terhadap sektor pendidikan. Program edukasi pencegahan ini telah memobilisasi upaya profesi penata rambut untuk meningkatkan kesadaran akan penyakit ini. Diluncurkan pada tahun 2005 atas kerjasama dengan UNESCO, program ini telah berjalan di 26 negara melalui pengalaman pelatihan L'Oréal dengan jaringan kuat sebanyak 3.000 instruktur di 190 pusat pelatihan di seluruh dunia. Setiap tahunnya, lebih dari 400.000 penata rambut telah meningkatkan kesadarannya akan risiko penyakit dan cara memproteksinya. Pada tahun 2009, program ini diselenggarakan secara besar di Rusia melalui 340 seminar di penjuru negerinya, melatih lebih dari 4.700 penata rambut dan mendapatkan partisipasi salon yang luar biasa di Hari AIDS Sedunia.

Produksi Secara Lokal
Kualitas dan keamanan menjadi prioritas kami setiap saat. Produksi secara langsung memberikan kendali yang kuat bagi kami untuk memastikan tercapainya standar tertinggi. Tenaga kerja dan lokasi produksi kami mewakili 92% dari total produksi kosmetika kami. Kebijakan produksi kami didasarkan pada proporsi manufakturing lokal: dalam hal ini, jumlah unit yang diproduksi di masing-masing bagian dunia berbanding proposional terhadap kebutuhannya. Kami memiliki tim yang didedikasikan untuk riset dan pengembangan, industrialisasi produk baru, pengolahan dan pengemasan. 
Proses Penelitian dan Pengembangan bekerja erat dengan Departemen Riset dalam penciptaan produk baru melalui pengembangan teknologi manufaktur dan conditioning yang baru. Departemen Riset Kemasan menciptakan kemasan baru untuk produk masa depan. Kemampuan berinovasi memastikan kami menjadi yang terdepan dalam hal perkembangan teknologi baik di bidang pengolahan, pengemasan dan conditioning. Perusahaan kami mendaftarkan lebih dari 70 paten kemasan dalam setahun, dan sebanyak 67 paten di tahun 2011.

Produksi secara lokal
Kualitas dan keamanan menjadi prioritas kami setiap saat. Produksi secara langsung memberikan kendali yang kuat bagi kami untuk memastikan tercapainya standar tertinggi.
Tenaga kerja dan lokasi produksi kami mewakili 90% dari total produksi kosmetika kami. Kebijakan produksi kami didasarkan pada proporsi manufakturing lokal: dalam hal ini, jumlah unit yang diproduksi di masing-masing bagian dunia berbanding proposional terhadap kebutuhannya. Kami memiliki tim yang didedikasikan untuk riset dan pengembangan, industrialisasi produk baru, pengolahan dan pengemasan.
Proses Penelitian dan Pengembangan bekerja erat dengan Departemen Riset dalam penciptaan produk baru melalui pengembangan teknologi manufaktur dan conditioning yang baru. Departemen Riset Kemasan menciptakan kemasan baru untuk produk masa depan. Kemampuan berinovasi memastikan kami menjadi yang terdepan dalam hal perkembangan teknologi baik di bidang pengolahan, pengemasan dan conditioning. Perusahaan kami mendaftarkan lebih dari 70 paten kemasan dalam setahun, dan sebanyak 72 paten di tahun 2010.



Referensi :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar