Manajemen Strategi Chapter 10
L'Oréal
SEJARAH BERDIRINYA L’OREAL
Setelah dua
tahun mengadakan eksperimen lebih jauh, dia meninggalkan pekerjaan hariannya
sebagai ahli kimia dan mendirikan French Harmless Hair Color Co. Dengan 800
frank Perancis, atau sekitar 120 dolar AS. Pada tahun 1911, dia mngubah nama
perusahaannya menjadi L’Oréal. Tahun berikutnya produknya mulai dijual seantero
Eropa dan melalui agen dan konsinyasi, L’Oréal mulai mencatat dan melebarkan
sayap penjualannya ke AS, Amerila Latin, Rusia, dan Asia. Pada tahun 1920,
permintaan begitu besar sampai Schnueller memperkerjakan 3 ahli kimia.
OWEN-JONES, SUKSES DIBALIK
L’OREAL ABAD 21
Perusaaah ini
hanya punya lima pemimpin sejak didirkian pada tahun 1991 dan memiliki reputasi
sangat menghindari utang, penasihat dari luar, bahkan pengacara. Kotak uang
L’Oréal telah berlipat ganda sejak ditunjuknya pria asal Inggris, Lindsay
Owen-Jones, pada tahun 1988 sebagai chief executive dan chairam grup usaha ini.
Dia memimpin perusahaan yang mencapai pertumbuhan dua digit selama 18 tahun.
Pada April 2006, dia menunjuk Jean-Paul Agon sebagai chief executive.
Owen-Jones
menumbuhkan apa yang disebutnya sebagai budaya “induk anak” di L’Oreal. Yang
dimaksud adalah perusahaan harus berinvestasi pada usaha-usaha yang belum
menguntungkan, mengambil resiko dan berinvestasi pada riset. Dengan sistem
bisnis ini, L’Oréal memiliki anak perusahaan yang masih belum menguntungkan,
bahkan 14 dari 20 merek dibawah lisensi atau investasi L’Oréal merupakan produk yang menyumbang 92% dari
keseluruhan penjualan.
Owen dan Jones
mendorong pengembangan L’Oréal di AS dan Asia, serta ke dalam sektor kecantikan
etnis yang menghasilkan laba besar. Portofolio L’Oréal kini meliputi Lancome,
Maybelline, Redken, Helena Rubinstein, Ralph Lauren, The Body Shop, dan Giorgio
Armany Perfumes.
L’OREAL KINI
Saat ini, di
abad 21, perusahaan bernilai 55 Milyar dolar AS ini memiliki para Ilmuwan yang
mencatat 500 paten baru setiap tahun. L’Oréal memiliki penualan tahunan sebesar
21,2 milyar dolar AS pada 2006 dan produknya kini dijual di 130 negara.
Keluarga
pewaris memiliki saham mayoritas dalam bisnis ini, dibuntuti dengan Nestle
dengan 26,4 persen/ Selama 30 tahun lebih,
kedua pemegang saham ini memiliki sebuah holding company yang
mengandalikan L’Oréal, namun baru-baru ini perusahaan itu dibubarkan.
Ilmuwan
perusahaan yang berjumlah 2.88 orang sibuk untuk mencoba mengembangkan produk
yang beragam seperti pil anti peneuan, shampo, dan lain-lain. L’Oréal telah
mengahabiskan 30% dari keuntungan untuk pemasaran dan iklan.
Cara L'Oreal untuk mempekerjakan orang-orang yang baik dan membangun kompetensi inti dan kemampuan kompetitif
- Program Magang : Lebih dari 2.700 pemagang menyelesaikan programnya di L'Oréal di tahun 2007. Geoff Skingsley, Human Resources Executive Vice-President L'Oréal, mengatakan: "Kami menghasilkan sendiri para pemimpin kami dan mempersiapkan mereka untuk itu. Jika Anda tertarik, datang dan bergabunglah bersana kami!". Program magang kami, di Prancis dan di seluruh dunia, terbuka bagi mahasiswa universitas, sekolah bisnis maupun teknik. Periode program beragam, mulai dari 3 bulan sampai satu tahun sepanjang tahunnya di berbagai divisi Perusahaan (Research, Operations, Finance, Information Systems, Marketing, Sales, Communications, Human Resources)
- Ekspresikan kepribadian Anda : Kami tidak sekedar mencari keahlian teknis dan kualifikasi, tapi kami juga mencari talenta-talenta muda berbakat yang dapat mengekspresikan kelebihan pribadi mereka yang beragam untuk berkontribusi dalam project dan misi yang menantang dan dinamis. Keragaman budaya yang kaya dalam Grup kami menjadi rahasia keberhasilan kami. Kami mencari para pelajar dari beragam profil, kebangsaan dan pengalaman. Yang lebih pentingnya lagi, kami mencari antusiasme, kreativitas, ambisi dan kemampuan Anda untuk membuat kesuksesan. Bakat Anda... bagi dunia kecantikan.
- Pengalaman untuk belajar : Melakukan magang di L'Oréal adalah langkah pertama untuk mengerti tentang profesi, kesempatan untuk bekerja menjadi bagian dari sebuah tim, dan mengerti budaya perusahaan kami. Ini juga menjadi kesempatan untuk menunjukkan kemampuan Anda - kami mencari bakat yang berpontensi untuk bergabung bersama kami di kemudian hari. Tahun lalu, lebih dari 55% dari manajer muda (yang tidak memiliki pengalaman sebelumnya) yang direkrut di Perancis, merupakan mereka yang sebelumnya telah mengikuti program magang di L'Oreal. Secara global, 28% lulusan yang kami rekrut merupakan lulusan program magang.
Apapun hasil
dari program magang yang Anda ikuti, Anda akan mendapatkan pengalaman berharga
yang mempersiapkan Anda memasuki dunia karir profesional. Untuk membantu Anda
berintegrasi dengan L'Oreal, kami menawarkan:
1. Pemantauan pengembangan pribadi di awal,
pertengahan, dan akhir masa magang.
2. Sesi pertemuan kelompok
3. Intranet khusus "pemagang" di mana
Anda dapat membuat jaringan sendiri dan berbagi pengalaman dengan pemagang
lainnya.
Pengembangan Diri
- Ingin bergabung dengan perusahaan pemimpin industri kecantikan dunia dengan merek-merek global terdepan? Di L’Oréal Indonesia, merek-merek kami tergabung dalam tiga divisi pemasaran:
- Professional Products Division:
- Salon business – B to B to C- commercial, marketing and educational triangle
- Intelligence for people and busines
- Consumer Products Division :
- Mass market – volume – hard negotiation
- Force, impact and rapidity
- Luxury Products Division :
- Department stores & specialized retailers – 360° marketing
- Rigorous delivery, embodiment of the brand
- Peluang karir yang luas di berbagai bidang:
- Research & Development
- Operations
- Marketing
- Business Development & Sales
- Finance
- Human Resources
- Communications
- Ingin bekerja dengan budaya yang enerjik, dinamis dan menyenangkan? Orang-orang kami merupakan paduan kepribadian unik dan berbakat yang mudah beradaptasi dan memiliki semangat kerja tim yang tinggi. Lingkungan kerja kami memiliki suasana yang informal, spontanius dan tidak memandang hirarki.
-
Cara kerja kami senantiasa memaksimalkan
kemampuan dan kreativitas individual.
1. Orang-orang kami merupakan paduan kepribadian
unik dan berbakat yang mudah beradaptasi dan memiliki semangat kerja tim yang
tinggi.
2. Lingkungan kerja kami memiliki suasana yang
informal, spontanius dan tidak memandang hirarki.
3. Cara kerja kami senantiasa memaksimalkan
kemampuan dan kreativitas individual.
L’Oréal Foundation
Untuk Dunia Yang Lebih Indah
Didirikan pada
tahun 2007, L’Oréal Foundation merupakan salah satu Yayasan terbesar di
Perancis, dengan anggaran sebesar 40 juta Euro dalam lima tahun. Yayasan ini
mengembangkan program-program global utama yang dilakukan oleh seluruh anak
perusahaan L'Oreal, bersama dengan proyek percontohan di Perancis. L’Oréal
Foundation berupaya membangun kemitraan sejati melebihi dukungan finansial
semata serta mengevaluasi seluruh programnya secara berkala. Yayasan ini
bertujuan untuk memberikan kekuatan, konsistensi, dan kesinambungan atas tindakan
kemanusiaan perusahaan, dan untuk secara aktif melibatkan karyawan dalam setiap
programnya.
L’Oréal
Foundation memiliki tiga misi yang masing-masing mencerminkan nilai-nilai
perusahaan yang terfokus pada prinsip riset ilmiah, solidaritas dan menghormati
sesama, serta berbagi pengetahuan.
SAINS
Sejak
didirikan oleh seorang ilmuwan penelitian seabad lebih yang lalu, Grup L'Oréal
yakin akan pentingnya penelitian sebagai sumber inovasi yang menjadi kunci
pendobrak ilmu pengetahuan. L'Oréal Foundation senantiasa mempromosikan
penelitian ilmiah dan kedudukan perempuan dalam dunia sains, dengan mengakui
keunggulan, mendorong bakat-bakat sains dan berinvestasi di area-area
penelitian baru.
Melalui
program "For Women in Science", L'Oreal dan UNESCO telah secara aktif
mendukung para ilmuwan perempuan dalam dua belas tahun terakhir. Setiap
tahunnya, program ini menyoroti peneliti-peneliti perempuan terkemuka dunia dan
peneliti-peneliti perempuan muda berbakat, serta mendorong anak-anak perempuan
untuk memilih berkarir di bidang sains. Dalam periode dua belas tahun, lebih
dari 900 perempuan telah menerima anugerah ini. Kini mereka telah membentuk
network yang sangat dinamis di seluruh penjuru dunia.
Solidaritas
Pentingnya
penampilan seseorang merupakan akar dari kegiatan L'Oréal. Memberikan akses
terhadap kecantikan merupakan misi L'Oréal. Komitmen ini tercermin dalam
program-program L'Oréal Foundation untuk mendukung masyarakat kurang beruntung,
membantu mereka membangun kembali kepercayaan dirnya, dan membuat mereka merasa
lebih nyaman dengan penampilannya sehingga dapat kembali kepada kehidupan yang
normal.
Program
"Beauty from the Heart" digagas L'Oréal Foundation dengan
menyumbangkan produk-produk perawatan dan kecantikan kepada berbagai organisasi
mitra. Program ini bertujuan untuk membantu mereka yang berkekurangan, baik
yang disebabkan oleh penyakit maupun kesulitan ekonomi. Program ini juga
mendukung studi-studi untuk mengevaluasi efektivitas dari program ini.
L’Oréal juga
merupakan salah satu anggota penggagas program "Look Good…Feel
Better" yang dijalankan melalui CTFA (Cosmetic, Toiletry and Fragrance
Association). Program ini difokuskan terhadap para perempuan yang mengalami
trauma dan stres akibat penyakit kanker, membantu mereka untuk memperbaiki
penampilannya pasca efek samping yang terjadi setelah menjalankan terapi.
Pendidikan
Berbagi
pengetahuan dan pelatihan serta menghormati adanya perbedaan, merupakan bagian
penting dari L'Oréal. Mendidik masyarakat dan meningkatkan kesadaran mereka
akan tantangan utama yang dihadapi masyarakat di abad ini, seperti memerangi
AIDS, pelestarian lingkungan dan berbagi pengetahuan dengan masyarakat kurang
beruntung, merupakan komitmen ke-tiga dari L'Oréal Foundation.
Program
"Hairdressers Againts AIDS" merupakan salah satu bukti komitmen
L'Oréal Foundation akan dukungan terhadap sektor pendidikan. Program edukasi
pencegahan ini telah memobilisasi upaya profesi penata rambut untuk
meningkatkan kesadaran akan penyakit ini. Diluncurkan pada tahun 2005 atas kerjasama
dengan UNESCO, program ini telah berjalan di 26 negara melalui pengalaman
pelatihan L'Oréal dengan jaringan kuat sebanyak 3.000 instruktur di 190 pusat
pelatihan di seluruh dunia. Setiap tahunnya, lebih dari 400.000 penata rambut
telah meningkatkan kesadarannya akan risiko penyakit dan cara memproteksinya.
Pada tahun 2009, program ini diselenggarakan secara besar di Rusia melalui 340
seminar di penjuru negerinya, melatih lebih dari 4.700 penata rambut dan
mendapatkan partisipasi salon yang luar biasa di Hari AIDS Sedunia.
Produksi Secara Lokal
Kualitas dan
keamanan menjadi prioritas kami setiap saat. Produksi secara langsung
memberikan kendali yang kuat bagi kami untuk memastikan tercapainya standar
tertinggi. Tenaga kerja dan lokasi produksi kami mewakili 92% dari total
produksi kosmetika kami. Kebijakan produksi kami didasarkan pada proporsi
manufakturing lokal: dalam hal ini, jumlah unit yang diproduksi di
masing-masing bagian dunia berbanding proposional terhadap kebutuhannya. Kami
memiliki tim yang didedikasikan untuk riset dan pengembangan, industrialisasi
produk baru, pengolahan dan pengemasan.
Proses Penelitian
dan Pengembangan bekerja erat dengan Departemen Riset dalam penciptaan produk
baru melalui pengembangan teknologi manufaktur dan conditioning yang baru.
Departemen Riset Kemasan menciptakan kemasan baru untuk produk masa depan.
Kemampuan berinovasi memastikan kami menjadi yang terdepan dalam hal
perkembangan teknologi baik di bidang pengolahan, pengemasan dan conditioning.
Perusahaan kami mendaftarkan lebih dari 70 paten kemasan dalam setahun, dan
sebanyak 67 paten di tahun 2011.
Produksi secara lokal
Kualitas dan
keamanan menjadi prioritas kami setiap saat. Produksi secara langsung
memberikan kendali yang kuat bagi kami untuk memastikan tercapainya standar
tertinggi.
Tenaga kerja
dan lokasi produksi kami mewakili 90% dari total produksi kosmetika kami. Kebijakan
produksi kami didasarkan pada proporsi manufakturing lokal: dalam hal ini,
jumlah unit yang diproduksi di masing-masing bagian dunia berbanding
proposional terhadap kebutuhannya. Kami memiliki tim yang didedikasikan untuk
riset dan pengembangan, industrialisasi produk baru, pengolahan dan pengemasan.
Proses
Penelitian dan Pengembangan bekerja erat dengan Departemen Riset dalam
penciptaan produk baru melalui pengembangan teknologi manufaktur dan
conditioning yang baru. Departemen Riset Kemasan menciptakan kemasan baru untuk
produk masa depan. Kemampuan berinovasi memastikan kami menjadi yang terdepan
dalam hal perkembangan teknologi baik di bidang pengolahan, pengemasan dan
conditioning. Perusahaan kami mendaftarkan lebih dari 70 paten kemasan dalam
setahun, dan sebanyak 72 paten di tahun 2010.
Referensi :
Tidak ada komentar:
Posting Komentar