-- blog Surya Fatma : PERUSAHAAN STIHL

Jumat, 17 Mei 2013

PERUSAHAAN STIHL


Stategi Diferensiasi untuk Pemasaran ( Perusahaan Stilh )

Pendahuluan 


Andreas Stihl AG adalah produsen gergaji mesin dan peralatan listrik genggam lainnya termasuk pemangkas dan blower. Bertempat  di Waiblingen, Baden-Württemberg dekat Stuttgart, di Jerman. Perusahaan ini didirikan pada 1926 oleh Andreas Stihl, inovator penting dalam rantai produksi. Perusahaan ini adalah penjualan terbaik di dunia merek gergaji rantai dan rantai produsen.

Pembahasan 

Salah satu produsen gergaji terbaik di dunia saat ini adalah STIHL. Karena  gergaji Stihl yang dibuat menggunakan bahan-bahan yang berkualitas dan memiliki teknik manufaktur. Untuk memastikan bahwa gergaji yang dibuat oleh Stihl dapat diandalkan dalam memberikan layanan yang diperlukan dan diharapkan sehingga dapat melakukan semua pekerjaan. Para Stihl (pekerja) berinovasi menciptakan bentuk gergaji yang unik, dengan harga terkajau. Dari segi biaya, hal yang perlu dipertimbangkan untuk membeli gergaji mesin bukan hanya untuk memotong kayu, tetapi Chainsaw dan fleksibel untuk digunakan.
Diferensiasi adalah bagian penting dari strategi pemasaran. Diferensiasi dirancang dan diterapkan oleh sebuah manajemen usaha baik kecil atau skala besar yang bertujuan membuat faktor pembeda dengan kompetitor. Perbedaan tersebuat adalah nilai lebih bagi konsumen, baik pada produk, layanan atau brand.
Diferensiasi harus memiliki ciri khas atau keunggulan yang tidak dimiliki oleh kompetitor. Keunggulan tersebut merupakan benefit yang benar-benar unik dan substansial di mata konsumen, benefit yang ditonjolkan dibutuhkan oleh konsumen dan menjadi alasan bagi konsumen untuk menggunakan produk atau jasa tersebut.



Sistem Distribusi dalam Segi Pemasaran

Secara umum terdapat lima sistem distribusi yang dapat dipakai oleh perusahaan.
  1. Produsen menjual ke sole agent (agen tunggal), kemudian sole agent ini mendistribusikan ke berbagai sub-agen yang tersebar di berbagai kota. Jika digambarkan, sistem ini terlihat seperti berikut : Produsen -> Sole Agent -> Sub Agen -> Whole Saler -> Pengecer Modern -> Pengecer Konvensional -> Konsumen
  2. Hampir sama dengan sistem pertama, namun pada sistem kedua ini peran sub-agen ditiadakan. Keberhasilan distribusi dengan mengunakan sistem ini ditentukan oleh distributor nasional dengan jaringan cabangnya tersebut. Produsen -> Sole Agent -> Whole Saler -> Pengecer Modern -> Pengecer Konvensional -> Konsumen
  3. Produsen melalui Sole Agent melakukan aktivasi penjualan langsung (direct sales). Pola distribusi ini cocok untuk produk dengan ciri-ciri : frekwensi pemakainnya sering dan tingkat persaingan di retail outket sangat ketat serta distribusi nya intensif. Sistem ini membutuhkan investasi yang besar dalam sarana transportasi, pergudangan dan tenaga penjual. Gambarnya adalah sebagai berikut : Produsen -> Sole Agent -> Pengecer Modern -> Pengecer Konvensional -> Konsumen
  4. Sistem distribusi ini mengandalkan sales force yang menjual langsung kepada konsumen tanpa melalui retailer. Bila digambarkan, sistemnya akan terlihat : Produsen ->Sole Agent -> Sales Force -> Konsumen Akhir
  5. produsen menyalurkan produknya melalui jaringan tokonya. Produsen -> Own Retail Outlet -> Konsumen.


Analisis SWOT :
  1. Strengths (Kekuatan) : Dikenal masyarakat luas, menggunakan bahan-bahan berkualitas, fleksibel digunakan.
  2. Weaknesses (Kelemahan) : Biaya operasionalnya relatif mahal
  3. Opportunities (Peluang) : Mampu menjangkau semua kalangan masyarakat  
  4. Threats (Ancaman) : Kompetitor (pesaing) harga lebih murah.

Kesimpulan

Saat ini, penggunaan gergaji Stihl tidak terbatas pada industri penebangan kayu melainkan telah menyebar ke bidang lain juga. Gergaji telah menjadi alat serbaguna, menyebar ke pemilik rumah, di mana tugas dulu berat menjadi lebih ringan.
Penemuan sistem elastostart anti-getaran dan asimilasi kejutan perbaikan telah melambungkan gergaji mesin ke tingkat itu fleksibilitas. Sistem pengereman kembar dan rem inersia rantai diaktifkan alasan mengapa jauh lebih Stihl tetap di puncak rantai. dalam beberapa tahun sebelumnya, perusahaan telah bergabung dengan perjuangan untuk melindungi lingkungan. Ide-ide baru muncul untuk mengembangkan metodologi yang mengurangi emisi hidrokarbon. Andreas Stihl mengatakan bahwa komitmennya terhadap kualitas telah tinggal terus berlanjut sepanjang sejarah perusahaan. Stihl telah memegang posisi itu dalam industri gergaji. Dan ada banyak pengguna gergaji mesin yang akan menghargai beban kerja yang lebih rendah mereka sekarang hadapi karena mesin ini fleksibel. 

referensi :


Tidak ada komentar:

Posting Komentar