Stategi Diferensiasi untuk Pemasaran ( Perusahaan Stilh )
Pendahuluan
Andreas Stihl AG adalah produsen gergaji mesin
dan peralatan listrik genggam lainnya termasuk pemangkas dan blower. Bertempat
di Waiblingen, Baden-Württemberg dekat Stuttgart, di Jerman. Perusahaan
ini didirikan pada 1926 oleh Andreas Stihl, inovator penting dalam rantai
produksi. Perusahaan ini adalah penjualan terbaik di dunia merek gergaji rantai
dan rantai produsen.
Pembahasan
Salah
satu produsen gergaji terbaik di dunia saat
ini adalah STIHL. Karena gergaji Stihl yang dibuat menggunakan bahan-bahan yang berkualitas dan memiliki teknik manufaktur. Untuk memastikan bahwa gergaji yang dibuat
oleh Stihl dapat diandalkan dalam memberikan layanan yang diperlukan dan
diharapkan sehingga dapat melakukan semua pekerjaan. Para Stihl (pekerja) berinovasi menciptakan bentuk gergaji yang unik, dengan harga terkajau. Dari segi biaya, hal yang perlu
dipertimbangkan untuk membeli
gergaji mesin bukan hanya untuk memotong
kayu, tetapi Chainsaw dan fleksibel
untuk digunakan.
Diferensiasi
adalah bagian penting dari strategi
pemasaran. Diferensiasi dirancang dan diterapkan
oleh sebuah manajemen usaha baik kecil atau skala besar yang bertujuan membuat
faktor pembeda dengan kompetitor. Perbedaan tersebuat adalah nilai lebih
bagi konsumen, baik pada produk, layanan atau brand.
Diferensiasi
harus memiliki ciri khas atau keunggulan yang tidak dimiliki oleh kompetitor.
Keunggulan tersebut merupakan benefit yang benar-benar unik dan substansial di
mata konsumen, benefit yang ditonjolkan dibutuhkan oleh konsumen dan
menjadi alasan bagi konsumen untuk menggunakan produk atau jasa tersebut.
Sistem
Distribusi dalam Segi Pemasaran
Secara umum terdapat lima sistem distribusi yang dapat
dipakai oleh perusahaan.
- Produsen menjual ke sole
agent (agen tunggal), kemudian sole agent ini mendistribusikan ke
berbagai sub-agen yang tersebar di berbagai kota. Jika digambarkan, sistem ini
terlihat seperti berikut : Produsen -> Sole Agent -> Sub Agen -> Whole Saler ->
Pengecer Modern -> Pengecer Konvensional -> Konsumen
- Hampir sama dengan sistem pertama, namun pada
sistem kedua ini peran sub-agen ditiadakan. Keberhasilan distribusi dengan
mengunakan sistem ini ditentukan oleh distributor nasional dengan jaringan
cabangnya tersebut. Produsen -> Sole Agent -> Whole Saler ->
Pengecer Modern -> Pengecer Konvensional -> Konsumen
- Produsen melalui Sole
Agent melakukan aktivasi penjualan langsung (direct sales). Pola
distribusi ini cocok untuk produk dengan ciri-ciri : frekwensi pemakainnya
sering dan tingkat persaingan di retail outket sangat ketat serta distribusi
nya intensif. Sistem ini membutuhkan investasi yang besar dalam sarana
transportasi, pergudangan dan tenaga penjual. Gambarnya adalah sebagai berikut
: Produsen -> Sole
Agent -> Pengecer Modern -> Pengecer Konvensional ->
Konsumen
- Sistem distribusi ini mengandalkan sales
force yang menjual langsung kepada konsumen tanpa melalui retailer. Bila
digambarkan, sistemnya akan terlihat : Produsen ->Sole Agent -> Sales Force ->
Konsumen Akhir
- produsen menyalurkan produknya melalui jaringan
tokonya. Produsen -> Own Retail Outlet ->
Konsumen.
Analisis
SWOT :
- Strengths (Kekuatan) : Dikenal masyarakat luas, menggunakan bahan-bahan berkualitas, fleksibel digunakan.
- Weaknesses (Kelemahan) : Biaya operasionalnya relatif mahal
- Opportunities (Peluang) : Mampu menjangkau semua kalangan masyarakat
- Threats (Ancaman) : Kompetitor (pesaing) harga lebih murah.
Kesimpulan
Saat ini,
penggunaan gergaji Stihl tidak terbatas pada industri penebangan kayu
melainkan telah menyebar ke bidang lain juga. Gergaji telah menjadi alat
serbaguna, menyebar ke pemilik rumah, di mana tugas dulu berat menjadi lebih
ringan.
Penemuan
sistem elastostart anti-getaran dan asimilasi kejutan perbaikan telah
melambungkan gergaji mesin ke tingkat itu fleksibilitas. Sistem pengereman
kembar dan rem inersia rantai diaktifkan alasan mengapa jauh lebih Stihl tetap
di puncak rantai. dalam beberapa tahun sebelumnya, perusahaan telah bergabung
dengan perjuangan untuk melindungi lingkungan. Ide-ide baru muncul untuk
mengembangkan metodologi yang mengurangi emisi hidrokarbon. Andreas Stihl
mengatakan bahwa komitmennya terhadap kualitas telah tinggal terus berlanjut
sepanjang sejarah perusahaan. Stihl telah memegang posisi itu dalam industri
gergaji. Dan ada banyak pengguna gergaji mesin yang akan menghargai beban kerja
yang lebih rendah mereka sekarang hadapi karena mesin ini fleksibel.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar